Notice: Undefined variable: data in /home/dispar/public_html/count.php on line 19
Dinas Pariwisata
Fitriah, S.H.
Fitriah, S.H.




Tupoksi BIDANG PEMASARAN PARIWISATA

Bidang Pemasaran Pariwisata mempunya tugas mempersiapkan perumusan kebijakan teknis, fasilitas, koordinasi, pemantauan dan evaluasi pengembangan strategi pemasaran pariwisata, komunikasi pemasaran pariwisata dan pasar pariwisata. Untuk menyelenggarakan tugas nya, bidang ini mempunyai fungsi :

a. Pelaksanaan koordinasi dan kerjasama dengan pusat, Kabupaten/Kota, dan stakeholder untuk pengembangan pasar;

b. Perumusan segmen pasar Pariwisata Kabupaten dan strategi pemasaran;

c. Penyiapan bahan-bahan informasi pariwisata sebagai sarana komunikasi pemasaran Pariwisata;

d. Pelaksanaan promosi potensi Pariwisata Kabupaten Lampung Tengah;

e. Pelaksanaan pelaporan tugas bidang pengembangan pemasaran pariwisata kepada kepala dinas;

f. Membimbing, membagi tugas dan memberikan petunjuk kepada bawahan agar pekerjaan dapat terlaksana dengan baik;

g. Merencanakan kegiatan pembinaan pengembangan, pemantauan pemasaran dan seni budaya;

h. Menyusun strategi, komunikasi dan pengembangan pemasaran pariwisata;

i. Menghimpun, menganalisis profil dan target pasar pariwisata;

j. Melakukan pemantauan dan evaluasi perkembangan pasar pariwisata;

k. Melaksanakan kerjasama pemasaran pariwisata dengan stakeholder terkait baik itu media online, elektronik, cetak dan media ruang;

l. Memberikan saran dan pertimbangan-pertimbangan kepada atasan sebagai bahan pengambilan keputusan;

m. Membimbing dan menilai pelaksanaan tugas bawahan dengan SKP untuk peningkatan karier yang bersangkutan.

Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya dibantu oleh tiga Seksi :

1. SEKSI PEMASARAN DAN PROMOSI PARIWISATA

Seksi ini mempunya tugas sebagai berikut :

a). Melaksanakan dan menyiapkan bahan koordinasi dalam rangka pengumpulan, pengolahan bahan-bahan informasi pariwisata sekabupaten Lampung Tengah di bidang profil, target, perancangan dan kerjasama,pemantauan dan evaluasi sesuai dengan norma, standar, prosedur dan kriteria yang berlaku bagi strategi pemasaran pariwisata;

b). Melaksanakan dan menyiapkan bahan laporan dan evaluasi pelaksanaan tugas seksi strategi pemasaran pariwisata;

c). Membimbing, membagi tugas dan memberi petunjuk kepada bawahan agar pekerjaan dapat terlaksana dengan baik;

d). Menyusun rencana kerja seksi pemasaran dan promosi wisata;

e). Menyiapkan bahan pembinaan dan penyusunan kebijakan pemasaran dan promosi pemasaran;

f). Melaksanakan dan menyiapkan bahan kerjasama;

g). Menghimpun dan menganalisa permasalahan yang berhubungan dengan promosi pariwisata;

h). Menyediakan dan mendistribusikan bahan promosi pariwisata dengan audio visual, display, video dan VCD, poster dan booklet;

i). Melaksanakan kegiatan promosi lewat media cetak, penulisan atribut, pemasangan iklan dan lomba penulisan tentang kepariwisataan;

j). Melaksanakan kegiatan promosi lewat penyelenggaraan event pariwisata, penyelenggaraan pameran wisata, lomba dan festival;

k). Melaksanakan kegiatan promosi lewat penyelenggaraan Widya wisata, Familiarization Tour, Press Tour, Wisata Remaja dan Roadshow;

l). Mengumpilkan dan mengolah data promosi pariwisata;

m). Membuat laporan sebagai bentuk pertanggungjawaban atas pelaksanaan tugas;

n). Membimbing dan menilai pelaksanaan tugas bawahan dengan SKP untuk peningkatan karier yang bersangkutan;

o). Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan untuk kelancaran pelaksanaan tugas.

2. SEKSI PELAYANAN INFORMASI PARIWISATA

Seksi pelayanan informasi mempunya tugas sebagai berikut :

a). Melaksanakan dan menyiapkan bahan koordinasi dan informasi di bidang publikasi dan sarana promosi pariwisata sesuai dengan norma, standar, prosedur dan kriteria yang berlaku bagi pengembangan komunikasi pemasaran pariwisata;

b). Melaksanakan dan menyiapkan bahan laporan dan evaluasi pelaksanaan tugas Seksi Pengembangan Komunikasi Pemasaran Pariwisata;

c). Pembimbing, membagi tugas dan memberi petunjuk kepada bawahan agar pekerjaan dapat terlaksana dengan baik;

d). Menyusun rencana kegiatan pembinaan pengembanga, Pemantauan Informasi Pariwisata;

e). Menyiapkan bahan pembinaan dan petunjuk teknis pelayanan informasi pariwisata;

f). Menghimpun dan menginventarisir data-data yang terkait dengan informasi pariwisata;

g). Melaksanakan kegiatan pelayanan informasi tentang kepariwisataan mengadakan pemantauan dan evaluasi serta penyuluhan terhadap pengusaha jasa wisata;

h). Melaksanakan kerjasama dengan instansi pemerintah maupun swasta dengan upaya meningkatkan pelayanan informasi kepariwisataan;

i). Membuat laporan sebagai bentuk pertanggung jawaban atas pelaksana tugas;

j). Memberikan saran dan pertimbangan-pertimbangan kepada atasan sebagai bahan pengambilan keputusan;

k). Membimbing dan menilai pelaksanaan tugas bawahan dengan SKP untuk peningkatan karier yang bersangkutan;

l). Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan untuk kelancaran pelaksanaan tugas.

3. SEKSI FESTIVAL BUDAYA DAN KULINER

Seksi ini mempunyai tugas sebagai berikut :

a). Membagi tugas, membimbing dan memberi petunjuk bawahan agar semua pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik;

b). Melaksanakan kegiatan festival budaya dan kuliner di daerah dan di luar daerah dalam rangka pemasaran pariwisata;

c). Menghimpun dan menganalisa permasalahan yang berhubungan dengan festival senibudaya dan kuliner;

d). Membuat laporan sebagai bentuk pertanggungjawaban atas pelaksanaan tugas;

e). Memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan sebagai bahan pengambilan keputusan pimpinan;

f). Membimbing dan menilai pelaksanaan tugas bawahan dengan SKP untuk meningkatkan karier yang bersangkutan;

g). Melaksankan tugas-tugas lain sesuai perintah atasan untuk kelancaran pelaksanaan;

h). Membuat laporan sebagai bentuk pertanggungjawaban atas pelaksanaan tugas;

i). Memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan sebagai bahan pengambilan keputusan;

j). Menghimpun dan menilai hasil kerja bawahan sebagai bahan pembuatan dp3 untuk dasar pengembangan karir;

k). Melaksanakan tugas lain yang di berikan oleh atasan untuk kelancaran pelaksanaan tugas.