Dra. Ancar Asmara Dewi, M.M.
Dra. Ancar Asmara Dewi, M.M.




Tupoksi SEKRETARIAT

Sekretariat mempunyai tugas mengkoordinasikan perumusan kebijakan teknis, pembinaan dan pelaksanaan kegiatan surat menyurat, rumah tangga, perencanaan, perlengkapan, keuangan, kepegawaian, pembinaan organisasi, tatalaksana da perundang-undangan serta memberikan pelayanan administrasi kepada seluruh unit di lingkungan Dinas Pariwisata. Untuk menyelenggarakan tugas tersebut, Sekretariat mempunyai fungsi :

a. Penyusunan rencana dan program kerja kesekretariatan Dinas Pariwisata sebagai pedoman pelaksanaan tugas;

b. Pengelolaan administrasi kepegawaian dan pengembangan Sumber Daya Manusia ( SDM );

c. Pengelolaan urusan keuangan;

d. Pelaksanaan kegiatan rumah tangga dan perlengkapan;

e. Penyelenggaraan surat menyurat, kearsipan, ketatalaksanaan, humas, dan penyusunan perundang-undangan;

 f. Penyiapan bahan perumusan rencana dan program serta memfasilitasi dan melaksanakan kerja sama di bidang Pariwisata;

 g. Membimbing dan memberikan petunjuk kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing;

 h. Membuat laporan bulanan, triwulan, semester dan tahunan dinas berdasarkan hasil kerja yang telah dicapai;

 i.  Membimbing dan menilai pelaksanaan tugas bawahan dengan SKP untuk peningkatan karier pegawai yang bersangkutan;

Didalam melaksanakan tugas dan fungsinya, Sekretariat dibantu oleh dua Seksi yaitu :

1. SUB BAGIAN PERENCANAAN, KEUANGAN DAN PELAPORAN

Bidang ini mempunyai tugas sebagai berikut :

a). Merencakan kegiatan Sub Bagian Perencanaan, Keuangan dan Pelaporan;

b). Merencakan dan membuat daftar usulan kegiatan dan rencana Pendapatan Asli Daerah ( PAD );

c). Menyiapkan bahan dan meyusun Restra OPD, Renja OPD, RKA OPD hingga tersusunnya DPA setiap tahun Anggaran;

d). Melaksanakan pembinaan dan bimbingan administrasi keuangan dan pembendaharaan;

e). Melaksanakan verifikasi pertanggungjawaban keuangan, bimbingan dan penyelesaian tindak lanjut hasil pemeriksaan;

f). Menyelenggarakan penataan dokumen keuangan SPP, SPD, SPM/SPMU, SP2D, DOP, SPJ serta administrasi keuangan lainnya;

g). Menyusun laporan realisasi anggaran dan laporan keuangan bulanan, triwulandan semester;

h). Membuat laporan pelaksanaan pembangunan kepariwisataan, laporan tahunan dan laporan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah

2. SUB BAGIAN UMUM DAN KEPEGAWAIAN

Bidang ini mempunyai tugas sebagai berikut :

a). Melaksanakan dan menyiapkan bahan pengkajian dan pengusulan perencanaan anggaran kegiatan;

b). Melaksanakan dan menyiapkan penyelenggaraan kegiatan ke arsipan, tata naskah dinas dan perpustakaan;

c). Merencakan kegiatan SubBagian Umum, Kepegawaian

d). Melaksanakan pengurusan  dan pengaturan kegiatan administrasi surat menyurat, surat keputusan dan naskah dinas lainnya;

e). Mengatur penyediaan alat tulis, penggunaan stempel dinas, operator telepon dan faksimili;

f). Menyelenggarakan kegiatan urusan rumah tangga dinas dan menyiapkan bahan penyusunan penataan organisasi;

g). Menyelenggarakan pengelolaan administrasi barang inventaris dan asset Dinas Pariwisata;

h). Melaksanakan Penyusunan informasi pegawai, meliputi kebutuhan kenaikan pangkat, perpindahan wilayah pembayaran gaji dan pensiun

i). Melaksanakan penyelesaian mutasi pegawai, meliputi peningkatan status, pengangkatan dalam pangkat dan pemberhentian sementara dan pensiun;

j). Melaksanakan penyelesaian Karpeg, KArir, Askes, Taspen, Cuti, Kenaikan gaji berkala dan pemberian penghargaan;

k). Menyelenggaran tata usaha kepegawaian meliputi absen, jadwal apel, pembinaan mental, kesempatan diklat dan tugas/ijin belajar;

l). Membimbing dan memberikan petunjuk kepada bawahan agar melakukan kegiatan sesuai dengan rencana kerja;

m). Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan atasan untuk kelancaran pelaksanaan tugas.